Kecelakaan Kereta Api Terbesar di India

kecelakaan kereta api terbesar

India sedang berbelasungkawa terkait dengan peristiwa Kecelakaan Kereta Api Terbesar yang terjadi di Balasore, Odisha di India pada hari Jumat lalu (2 Juni 2023) sekitar pukul 19:30. Sejauh ini, total 238 orang tewas dalam kecelakaan di kereta api ini, sementara sekitar 900 lainnya luka-luka.

kecelakaan kereta api terbesar

Berita kecelakaan ini menyebar seperti api ke seluruh dunia. Dalam kecelakaan mengerikan ini, total dua kereta bermuatan penumpang dan satu kereta barang saling bertabrakan. Setelah kecelakaan ini, para pemimpin dari seluruh dunia menyatakan belasungkawa.

Kecelakaan kereta api di Odisha ini telah menciptakan situasi yang sangat menakutkan. Selama 12 jam terakhir, operasi penyelamatan berlangsung dalam kondisi perang.

kecelakaan kereta api terbesar

Seorang petugas perkeretaapian menginformasikan bahwa gerbong Coromandel Express bertabrakan dengan kereta barang setelah tergelincir, sehingga kereta barang juga mengalami kecelakaan. Juru bicara kereta api Amitabh Sharma mengatakan bahwa pertama-tama Coromandel Express tergelincir dan 10-12 gerbongnya jatuh di rel Bengaluru-Howrah Express.

kecelakaan kereta api terbesar

Politisi dari Nepal hingga Taiwan menyatakan belasungkawa

Tentang kecelakaan kereta Odisha, Perdana Menteri Nepal Prachanda Dahal tweeted bahwa saya sedih dengan kematian ratusan orang dalam kecelakaan kereta api di Odisha, India hari ini. Saya menyampaikan belasungkawa terdalam saya kepada Perdana Menteri Modi dan keluarga yang berduka. Selain itu, pada kecelakaan kereta api Odisha, agensi Amerika men-tweet atas namanya bahwa kecelakaan kereta api yang tragis di India Timur itu menyedihkan.

Berdoa untuk semua orang yang terkena dampak kecelakaan kereta api terbasar di India ini. Saya menyampaikan belasungkawa yang tulus kepada para korban dan keluarga mereka, dan berharap operasi penyelamatan dapat menyelamatkan semua yang membutuhkan.

— 蔡英文 Tsai Ing-wen (@iingwen) 3 Juni 2023

Simpati terdalam kami sampaikan kepada semua orang yang menghadapi kehilangan orang yang mereka cintai. Selain itu, Menteri Taiwan Sai Ing Wen menyampaikan belasungkawa dan mengatakan bahwa saya berdoa untuk semua orang yang mengalami kecelakaan kereta api di India. Saya menyampaikan belasungkawa yang tulus kepada para korban dan keluarga mereka. Saya berharap semua orang dapat diselamatkan selama operasi penyelamatan.

“Saya sedih dengan hilangnya puluhan nyawa dalam kecelakaan kereta api di Odisha, India hari ini. Saya menyampaikan belasungkawa yang mendalam kepada Perdana Menteri Shri @narendramodi Ji, Pemerintah, dan keluarga yang berduka pada saat duka ini.”

Pada 2 Juni 2023, kecelakaan kereta api terbesar yang terjadi di dekat kota Balasore di negara bagian Odisha, India. Tiga kereta termasuk 2 kereta penumpang dan 1 kereta barang terlibat dalam kecelakaan KA Orissa ini, yang namanya adalah sebagai berikut:

Hingga 3 Juni 2023, setidaknya 280 orang tewas dan hampir 900 lainnya luka-luka dalam insiden tersebut. Pada 2 Juni 2023, sekitar pukul 07.00 waktu setempat (13.30 GMT), dua kereta penumpang bertabrakan di jalur utama Howrah-Chennai dekat Bahanaga Bazar di distrik Balasore di negara bagian timur Odisha.

baca juga : Kereta Api Tercepat di Dunia

Kereta Api Tercepat di Dunia, SC Maglev

Kronologi

Kereta pertama diyakini tergelincir dan beberapa gerbongnya terbalik dan berakhir di jalur yang berlawanan, di mana mereka bertabrakan dengan kereta kedua. Sebuah kereta barang juga tertabrak dalam kecelakaan itu. Kecelakaan kereta api ini dianggap sebagai salah satu kecelakaan kereta api paling mematikan di India.

Daftar Kecelakaan Kereta Api di India

Perkeretaapian India, jaringan kereta api terbesar keempat di dunia, telah lama dilanda infrastruktur kereta api yang buruk, yang menjadi penyebab kecelakaan kereta api selama bertahun-tahun. Lebih dari 1,25 crore orang menggunakannya setiap hari di Indian Railways. Menurut perkiraan, rata-rata 300 kecelakaan kereta api besar dan kecil terjadi di negara itu setiap tahun.

Menurut statistik perkeretaapian, telah terjadi 586 kecelakaan kereta api dalam 5 tahun terakhir. Ada 131 kecelakaan kereta api di India pada 2014-15 yang menewaskan 168 orang. Pada tahun 2013-14, terjadi 117 kecelakaan kereta api yang menewaskan 103 orang. Pada tahun 2014-2015, 60% kecelakaan kereta api terjadi akibat anjloknya kereta api. Sekitar 53% dari kecelakaan ini terjadi karena penggelinciran kereta api.

Kepoin Yang Satu ini..  Desta Gugat Cerai Istri, Apa Alasannya?

Penyebab kecelakaan kereta api di India:
Lagi pula, mengapa kereta tergelincir di India, dua alasan utamanya adalah sebagai berikut:-

Sebagian besar kecelakaan kereta api di India disebabkan oleh kerusakan rel dan tergelincirnya kereta karena kepadatan yang berlebihan. Setelah beberapa kereta api lewat, retakan pada jalur rel (trek) berubah menjadi patahan, menyebabkan kereta tergelincir dan menyebabkan banyak korban jiwa dan harta benda.
Kelalaian pegawai kereta api menjadi penyebab utama kecelakaan dan kematian kereta api. Kesalahan manusia telah ditemukan bertanggung jawab atas sebagian besar kecelakaan kereta api. Sering kali, pegawai kereta api tidak mengambil jalan pintas atau mengikuti aturan dan pedoman keselamatan, yang mengakibatkan konsekuensi bencana. Sementara itu, kegagalan peralatan, keausan, kepadatan gerbong, gerbong tua dan banyak faktor kecelakaan lainnya menyebabkan kecelakaan kereta api tersebut.
kecelakaan kereta odisha 2023

Berikut ini daftar kecelakaan (kecelakaan) kereta api terbesar dalam sejarah India (1981 – 2023):

02 Juni 2023

Sedikitnya 280 orang tewas dan sekitar 900 orang luka-luka dalam peristiwa kecelakaan kereta api terbesar ini. Pada 2 Juni 2023, sekitar pukul 07.00 waktu setempat (13.30 GMT), dua kereta penumpang bertabrakan di jalur utama Howrah-Chennai dekat Bahanaga Bazar di distrik Balasore di negara bagian timur Odisha.

19 Agustus 2017

Kalinga Utkal Express yang beroperasi antara Haridwar dan Puri mengalami kecelakaan di dekat Khatauli di Muzaffarnagar, Uttar Pradesh. Dalam kecelakaan ini, 14 bogie kereta tergelincir, menyebabkan 21 penumpang tewas, sementara 97 lainnya luka-luka.

30 Maret 2017

Mahakumbh Express tergelincir di dekat stasiun Kulpahar di distrik Mahoba di Uttar Pradesh. Sekitar 52 orang terluka dalam kecelakaan ini.

20 Februari 2017

Kalindi Express yang datang dari Kanpur bertabrakan dengan kereta barang dan tergelincir. Untungnya, tidak ada yang terluka dalam kecelakaan ini.

22 Jan 2017

Delapan gerbong Hirakhand Express tergelincir di distrik Vizianagaram di negara bagian Andhra Pradesh di pantai tenggara India. Sekitar 39 orang tewas dalam kecelakaan kereta api ini.

20 Maret 2015

Janata Express dari Dehradun ke Varanasi di Uttar Pradesh tergelincir. Sekitar 34 orang tewas dalam kecelakaan ini.

04 Mei 2014

20 orang tewas dan 100 lainnya luka-luka dalam penggelinciran kereta penumpang Diva Sawantwadi antara stasiun Nagothane dan Roha di Maharashtra.

28 Desember 2013

Sekitar 26 orang tewas dan sekitar 20 lainnya luka-luka saat kereta Bangalore-Nanded Express terbakar. Kebakaran terjadi di gerbong ber-AC.

19 Agustus 2013

Di distrik Khagaria di Bihar, 28 orang tewas setelah ditabrak oleh Rajyarani Express.

30 Juli 2012

Tahun 2012 ternyata menjadi salah satu tahun terburuk dalam hal kecelakaan dalam sejarah Kereta Api India. Ada sekitar 14 kecelakaan kereta api pada tahun 2012, termasuk penggelinciran dan tabrakan langsung. Pada tanggal 30 Juli 2012, sebuah bus dari Delhi-Chennai Tamil Nadu Express terbakar di dekat Nellore, menewaskan lebih dari 30 orang.

07 Juli 2011

Sekitar 38 orang tewas dalam tabrakan antara kereta api dan bus di Uttar Pradesh, negara bagian yang paling banyak.

20 September 2010

33 orang tewas dan lebih dari 160 luka-luka dalam tabrakan antara Gwalior Intercity Express dan kereta barang di kota Shivpuri di negara bagian Madhya Pradesh.

19 Juli 2010

62 orang tewas dan lebih dari 150 lainnya luka-luka dalam kecelakaan kereta api antara Uttar Banga Express dan Vananchal Express di Benggala Barat, yang terletak di bagian timur India.

28 Mei 2010

Dnyaneshwari Express tergelincir dalam dugaan serangan Maois di Benggala Barat. Sekitar 170 orang tewas dalam kecelakaan ini.

14 Februari 2009

Pada hari Rail Budget, 14 gerbong Coromandel Express dari Howrah ke Chennai tergelincir. 15 tewas dan 50 luka-luka dalam kecelakaan itu.

Kepoin Yang Satu ini..  Awal Mula Kasus Penipuan iPhone oleh 'Si Kembar'

Agustus 2008

Kereta Gautami Express yang berangkat dari Secunderabad ke Kakinada terbakar saat larut malam. Hal ini mengakibatkan kematian 32 orang dan luka-luka lebih banyak lagi.

16 April 2007

Sedikitnya 11 orang tewas dalam kecelakaan kereta api di Tamil Nadu. Kecelakaan itu terjadi di dekat desa Kancheepuram di Thirumatpur ketika sebuah kereta bertabrakan dengan sebuah minibus.

21 April 2005

Sedikitnya 17 orang tewas dan 78 lainnya luka-luka dalam tabrakan antara Sabarmati Express dan kereta barang dekat Vadodara di Gujarat.

Februari 2005

Sedikitnya 50 orang tewas dan banyak yang terluka dalam tabrakan kereta api dan traktor-troli di Maharashtra.

Juni 2003

51 orang tewas dan banyak yang terluka dalam kecelakaan kereta api di Maharashtra.

02 Juli 2003

Dua gerbong dan mesin Golconda Express jatuh di jalan di bawah jembatan penyeberangan di Warangal, 120 km dari Hyderabad di Andhra Pradesh. 21 orang tewas dalam kecelakaan ini.

22 Juni 2003

Gerbong kereta penumpang khusus tergelincir di dekat Ratnagiri di perbatasan Goa dan Maharashtra. Sedikitnya 51 penumpang tewas.

15 Mei 2003

Kebakaran terjadi di Frontier Mail dekat Ludhiana di Punjab. Sedikitnya 38 orang tewas.

09 September 2002

Rajdhani Express pergi dari Howrah ke New Delhi mengalami kecelakaan. 120 orang tewas dalam hal ini.

10 September 2002

Beberapa bogie Rajdhani Express jatuh ke sungai dekat Rafiganj di Gaya, Bihar, di mana sekitar 150 orang tewas.

09 September 2002

Rajdhani Express pergi dari Howrah ke New Delhi mengalami kecelakaan. 120 orang tewas dalam kecelakaan ini.

12 Mei 2002

Shramjeevi Express dari New Delhi ke Patna tergelincir. 12 orang tewas dalam kecelakaan ini.

22 Juni 2001

Surat Mangalore-Chennai jatuh ke sungai Kadalundi di Kerala. 59 orang kehilangan nyawa dalam kecelakaan ini.

31 Mei 2001

Sebuah kereta bertabrakan dengan sebuah bus yang diparkir di perlintasan kereta api di Uttar Pradesh. 31 orang tewas dalam kecelakaan ini.

02 Desember 2000

Howrah Mail melakukan perjalanan dari Kolkata ke Amritsar bertabrakan dengan kereta barang, menewaskan 44 orang dan melukai 140 lainnya.

03 Agustus 1999

Sekitar 285 orang tewas dan 312 lainnya luka-luka dalam tabrakan antara Brahmaputra Mail tujuan Delhi dan Awadh-Assam Express di Gasal di Benggala Barat.

16 Juli 1999

Grand Trunk Express tujuan Delhi bertabrakan dengan kereta barang di dekat Mathura. 17 orang tewas dan 200 luka-luka dalam kecelakaan ini.

26 November 1998

Khanna dari Punjab bertabrakan dengan Jammutawi-Sealdah Express dan Amritsar Golden Temple Mail. Sebanyak 209 orang tewas dan 120 luka-luka dalam kecelakaan kereta api ini.

Tanggal 14 September 1997

100 orang tewas dalam kecelakaan kereta api di Bilaspur, Madhya Pradesh ini, sementara 200 orang luka-luka. Lima bogie dari Ahmedabad-Howrah Express jatuh ke sungai.

18 April 1996

Ernakulam Express bertabrakan dengan sebuah bus di South Kerala. 35 meninggal dan 50 luka-luka dalam kecelakaan ini.

20 Agustus 1995

Sekitar 305 orang tewas dan sekitar 344 orang terluka dalam tabrakan langsung antara Purushottam Express dan Kalindi Express di Firozabad dekat Agra.

21 Desember 1993

Kota-Bina Express bertabrakan dengan kereta barang di Rajasthan. 71 meninggal dan banyak yang terluka.

16 April 1990

Kereta api terbakar di dekat Patna. 70 orang tewas dalam kecelakaan ini.

23 Februari 1985

Dua gerbong kereta penumpang terbakar di Rajnandgaon. 50 meninggal dan banyak yang terluka dalam kecelakaan ini.

06 Juni 1981

Negara bagian Bihar di India mengalami kecelakaan kereta api yang sangat berbahaya di mana beberapa bogie kereta penumpang jatuh dari jembatan sungai di Dhamara dekat Khagaria pada malam hari, menewaskan 800 orang dan melukai lebih dari 1000 orang.

views 31, today 1

Kepo-in Yang Ini

binomo tidak sah

Bappebti menyatakan Binomo Tidak Sah di Indonesia

Binomo Tidak Sah – Bagaimanakah legalitas broker online trading yang kerap di- endorse ataupun dipromosikan …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *