Musik  

10 Gitar Termahal di Dunia

Gitar Termahal di Dunia – Jika Anda menyukai gitar, maka saya rasa Anda tahu betapa mahalnya beberapa gitar. Kayu berkualitas tinggi, senar, pick-up serta pengerjaan, dan kualitas bangunan adalah beberapa fitur yang digunakan untuk menentukan peringkat gitar secara global. Namun demikian, Anda mungkin tidak menemukan beberapa gitar yang paling mahal di toko gitar lokal Anda karena mereka sesuai permintaan dan jenis yang paling banyak di dunia.

Sebagai koleksi paling mahal dan paling sesuai permintaan, gitar ini tanpa cacat dan menawarkan pengalaman seni praktis yang menginspirasi pemain musik dan penggemar di seluruh dunia. Saya yakin Anda sudah tahu gengsi khas gitar sebagai ekpresi budaya.

Gitar Termahal di Dunia

#10 1964 Newport Fender Stratocaster, Bob Dylan –  Rp. 13,7 M

Gitar Termahal di Dunia

Fender Stratocaster adalah gitar listrik pertama yang pernah dimainkan oleh Bob Dylan dalam pertunjukan langsung, dan sejak itu, gitar ini menjadi barang sejarah yang penting. Pada suatu waktu, para penggemarnya mencemooh selama pertunjukan karena pilihan gitar Dylan tidak membuat mereka terkesan. Mereka menyukai versi akustik dari lagu-lagunya, dan selama Festival Rakyat Newport pada tahun 1965, mereka memberi tahu dia tentang hal itu ketika dia naik ke panggung.

Pada Festival Rakyat Newport pada tahun 1965, pilihan gitar dan penampilan Dylan menandai peralihannya ke penggunaan lebih banyak peralatan elektronik. Mengikuti cerita di balik Fender Stratocaster, itu dijual dengan harga $ 965.000 di lelang pada tahun 1964.

#9 1959 Les Paul, Keith Richard – Rp. 14,2 M

Gitar Termahal di Dunia

Keith Richards 1959 Les Paul dihargai lebih dari enam angka tanpa nama terkenal yang melekat padanya. Meskipun demikian, Keith Richards memainkan gitar ini dalam penampilan debutnya di Rolling Stones di acara Ed Sullivan, yang dikenal sebagai momen penting dalam sejarah Rock and Roll.

Pertunjukan Ed Sullivan membuat banyak band dan artis terkenal dan secara signifikan menambah nilai barang-barang seperti Keith Richards 1959 Les Paul. Pada tahun 2003, gitar itu dijual di lelang seharga $ 1 juta.

#8 1958 Gibson Korina Explorer –  Rp. 15,6 M

Gitar Termahal di Dunia

Nilai tahun 1958 Gibson Korina Explorer dapat dianggap telah dimainkan oleh tiga gitaris top dunia (Kirk Hammett, Rick Neilson, dan Slash). Apa yang istimewa dari gitar ini adalah ketiganya memainkannya di beberapa titik dalam karir musik mereka.

Hanya sekitar sepuluh dari Gibson Korina Explorers tahun 1958 yang pernah dibuat, dan ini menjelaskan mengapa ia menghasilkan $ 1,1 juta yang keren di pelelangan. Nilainya terletak pada sejarah unik yang dimilikinya, kelangkaannya, dan bentuknya yang tidak biasa.

#7 Washburn 22 Series Hawk, Bob Marley – Rp. 17 M

Bob Marley’s Washburn 22 Series Hawk hadir di nomor lima gitar termahal di dunia. Bob Marley, artis Reggae paling terkenal yang pernah hidup, memiliki tujuh gitar sepanjang hidupnya. Salah satu gitar yang dia miliki adalah 22-Series Hawk Washburn, yang kemudian dia berikan kepada teknisi gitarnya, Gary Clausen, sebagai hadiah.

Desas-desus mengatakan bahwa Pemerintah Jamaika, yang mengakui gitar sebagai harta nasional, membeli gitar Bob Marley dengan harga antara $ 1,2 dan $ 2 juta di sebuah lelang. Padahal, keberadaan Washburn 22 Series Hawk tidak diketahui hingga saat ini.

#6 Wolf, Jerry Garcia – Rp. 27 M

Ini adalah gitar kedua Jerry Garcia yang masuk dalam sepuluh besar gitar termahal di dunia. Ini juga merupakan gitar kustom Doug Irwin yang dijuluki, “Serigala.” Seperti Custom Doug Irwin, “Tiger”, gitar ini diberi nama sesuai dengan karya seni serigala yang dibuat khusus di tubuhnya.

The “Wolf” dijual di penggalangan dana Pusat Hukum Kemiskinan Selatan, dan berhasil mendapatkan hampir $ 2 juta di lelang pada tahun 2002. Saat ini, nilai gitar ini bisa lebih tergantung pada kondisinya.

#5 1968 Fender Stratocaster, Jimi Hendrix – Rp. 28,5 M

Fender Stratocaster 1968 dengan finishing putih olimpiade tidak begitu unik jika dipasangkan dengan beberapa gitar dalam daftar ini. Namun, Jimi Hendrix memainkannya di festival musik Woodstock pada tahun 1969, di mana pertunjukan legendaris “The Star-Spangled Banner” terjadi.

Mengikuti sejarahnya yang unik, Fender Stratocaster 1968 milik Jimi Hendrix dibeli oleh Paul Allen (pendiri Microsoft) dengan harga sekitar $2 juta pada tahun 1998. Ini adalah salah satu harta karun itu.

#4 1962 Gibson J-160E Akustik-Listrik, John Lennon – Rp. 34,2 M

Itu adalah salah satu pasangan yang hampir mirip dengan gitar akustik yang dibeli George Harrison dan John Lennon pada tahun 1992 di London.

John Lennon tahun 1962 Gibson J-160E Acoustic-Electric menyebabkan lahirnya lagu-lagu Beatles seperti “She Loves You” dan “I Saw Her Standing There.” Setelah pertunjukan The Beatles pada tahun 1963, alat musik ini menghilang, dan orang-orang mengira itu keluar dari pasar, tetapi muncul kembali beberapa tahun kemudian. Awalnya, gitar tersebut dibeli dengan harga £161 pada tahun 1962, tetapi gitar akustik tersebut dijual pada tahun 2014 dan dijual kepada penawar anonim seharga $2,4 juta.

#3  Reach Out Asia Fender Stratocaster – Rp. 38,5 M – Gitar Termahal di Dunia

Fender Stratocaster dijual dengan harga $2,7 juta pada tahun 2015 oleh Sotheby’s, menjadikannya gitar termahal di dunia pada saat itu. Fender Stratocaster hasil dari tur “Reach Out To Asia” Bryan Adams, yang bertujuan untuk mendukung korban gempa dan tsunami Samudra Hindia pada tahun 2004, yang menewaskan sekitar 230.000 orang dari 14 negara.

Fender Stratocaster “Reach Out To Asia” unik karena menampilkan tanda tangan dari bintang rock paling terkenal yang tertulis di seluruh tubuhnya. Sembilan belas seniman menandatangani gitar dengan tanda tangan dari Eric Clapton, Jeff Beck, Jimmy Page, Brian May, Mick Jagger, Brian Adams, Keith Richards, David Gilmour, Liam Gallagher, serta Angus dan Malcolm Young.

#2 Black Strat, David Gilmour – Rp. 55,5 M – Gitar Termahal di Dunia

Gitar Termahal di Dunia

“Black Strat” ​​ikonik ini adalah gitar termahal kedua di dunia yang pernah dijual di sebuah lelang. Itu dijual seharga $ 3,9 juta kepada Pemilik Indianapolis Colts Jim Irsay di lelang David Gilmour pada 2019 di New York, menjadikannya gitar termahal yang pernah dijual dalam sejarah.

Secara umum, Gilmour mengumpulkan $ 21,4 juta dari lelang dan memutuskan untuk menyumbangkan hasilnya ke badan amal hukum lingkungan “Client Earth,” yang berjuang demi tindakan lingkungan. “Black Strat” David Gilmour hadir dalam beberapa karya terkenal bersama Pink Floyd, terdiri dari album “The Dark Side of the Moon,” “Animals and The Wall” dan “Wish You Were Here”

#1 1959 Martin D-18E Akustik, Kurt Cobain – Rp. 86,9 M – Gitar Termahal di Dunia

Gitar Termahal di Dunia
Gitar Termahal di Dunia

Gitar Termahal di Dunia – Kurt Cobain 1959 Martin D-18E Acoustic

Akhirnya, gelar gitar termahal di dunia jatuh ke tangan Kurt Cobain 1959 Martin D-18E Acoustic. Itu dibeli oleh pendiri RØDE Microphones Pete Freedman di lelang di Beverly Hills pada tahun 2020, yang berhasil mengamankan bagian bersejarah dalam semalam, menetapkan tonggak baru $6 juta, dan menulis ulang rekor gitar termahal di dunia yang ditetapkan oleh “The Black Strat” tahun lalu.

1959 Martin D-18E Acoustic adalah akustik Martin yang ditingkatkan yang digunakan oleh Cobain untuk pertunjukan MTV Unplugged Nirvana pada tahun 1993. Gitar ini dikatakan sebagai salah satu alat musik terakhir yang pernah dia mainkan.

kepogram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *