Musik  

Cara Berlatih Menyanyi Agar Bisa Tampil Prima

Cara Berlatih Menyanyi

Cara berlatih menyanyi agar memiliki suara yang bagus seperti penyanyi, pelajari tentang suara Anda, kuasai napas Anda, dan tingkatkan suara Anda. Meski memiliki suara alami, untuk memiliki suara yang bagus seperti penyanyi, Anda juga perlu menjalani pelatihan vokal… Tapi Anda bingung bagaimana memulainya?

Cara Berlatih Menyanyi

7 Latihan vokal yang baik

Ikuti tips di bawah ini untuk melatih vokal yang baik.

1. Sesuaikan mulut

Menyesuaikan mulut adalah salah satu pelajaran pertama untuk melatih vokal yang diajarkan guru konservatori kepada siswanya ketika melatih suara mereka untuk menjadi penyanyi. Saat berlatih menyanyi, cobalah untuk membuka mulut lebar-lebar dan pertahankan otot-otot di sekitar mulut dan rahang sedikit terpisah, ini akan membantu Anda bernyanyi lebih jelas dan bernapas lebih kuat. Berlatihlah membuat gerakan yang mirip dengan saat Anda menguap, menggunakan lidah untuk mengatur mulut agar lidah menyentuh gigi bawah. Menjaga posisi mulut ini saat bernyanyi akan membantu kolom udara di meja menjadi lebih penuh, suara Anda akan beresonansi dan terdengar lebih baik dari biasanya.

2. Latihan vokal sesuai tangga nada

Saat berlatih vokal dalam skala, Anda harus berlatih dari nada rendah ke nada tinggi, jangan terburu-buru mempelajari nada tinggi terlebih dahulu, meskipun nada tinggi akan membuat Anda merasa lebih bersemangat, lebih profesional.

Cara mengatur mulut untuk melatih vokal yang benar sesuai dengan tangga nada. Gunakan lidah Anda dan otot-otot di sekitar mulut Anda untuk menyesuaikan bentuk suara Anda. Yang paling sederhana adalah berlatih mengucapkan bunyi ah, eh, ih… sesuai dengan bentuk mulut seperti terlihat pada ilustrasi. Hanya 1-2 menit sehari sudah cukup untuk membantu Anda bernyanyi lebih akurat dan akurat dari sebelumnya. Saat Anda berlatih menyanyi dalam tangga nada, Anda akan bernyanyi dari nada rendah ke nada tinggi. Misalnya: Do Re Mi Pha Son La Si Do dan dengan cara yang sama kembali dari tinggi ke rendah. . Latihan ini adalah pemanasan yang hebat, dan juga membantu Anda menyanyikan nada yang lebih tinggi dan nada bass yang lebih tajam.

3. Postur yang baik untuk berlatih vokal

Postur adalah bagian penting dari latihan bar, Anda bisa duduk atau berdiri tetapi harus menjaga punggung tetap lurus, dada tegak, leher lurus.

Jika Anda berlatih huruf yang benar, maka nanti ketika Anda bernyanyi, Anda akan tahu bagaimana terdengar lebih baik.

4. Pengucapan yang benar

Pengucapan yang benar, tampaknya mudah tetapi tidak mudah karena banyak orang (bahkan penyanyi dengan suara hati yang salah bernyanyi ke suntikan….) menyebabkan ketidaknyamanan pendengar, kehilangan profesionalisme. Anda harus mencoba latihan vokal bersama dengan latihan pemanasan lainnya sebelum Anda mulai bernyanyi.

5. Bernyanyilah dengan nada suara yang tepat

Jangan mencoba memaksakan diri ke dalam gaya penampilan tertentu saat Anda pertama kali belajar vokal. Bernyanyilah secara normal dengan nada suara Anda yang biasa. Menyanyikan nada yang lebih tinggi dari yang Anda dapat dengan mudah keluar dari ritme, atau menyanyikan nada yang terlalu rendah tidak akan membuat suara, ini dapat dengan mudah membuat Anda frustrasi dan menyerah.

Latihan suara yang dalam

Bernyanyilah seperti biasa sampai nada tinggi, ambil napas dalam-dalam agar lebih mudah bernyanyi, tetapi jika Anda tidak bisa naik tinggi, coba ubah agar sesuai dengan melodi, ke nada rendah, jaga napas Anda ringan, udara lolos. keluar perlahan.

Latihan suara tinggi –  Cara Berlatih Menyanyi

Bernyanyi dengan nada tinggi bukanlah cara untuk berlatih menyanyi sebaik penyanyi. Latih suara Anda agar bagus dan penuh sebelum Anda memulai pola apa pun.

6. Sesuaikan pernapasan saat berlatih menyanyi

Banyak orang sebenarnya bisa menyanyi dengan sangat baik, tetapi karena mereka tidak tahu bagaimana mengontrol pernapasan mereka, mereka memberikan tekanan yang tidak perlu pada suara mereka. Latihan pernapasan akan membantu Anda bernyanyi lebih baik. Pernapasan yang benar juga merupakan sesuatu yang harus Anda ketahui jika Anda ingin bernyanyi dengan lebih baik. Saat melakukan posisi berdiri atau duduk dengan punggung lurus, kembungkan dada sedikit untuk membantu mengatur napas dan mempermudah mengatur pernapasan. Tarik napas dan buang napas dengan benar untuk mempertahankan suara. Saat bernyanyi, jaga agar otot-otot di leher Anda benar-benar rileks. Saat Anda perlu mengambil napas, jauhkan mikrofon dari orang tersebut agar suara napas tidak terserap ke dalam mikrofon.

Pemanasan sedikit sebelum bernyanyi dengan latihan vokal sederhana selama 1-2 menit akan membantu Anda memperkuat nada Anda.

Dengarkan baik-baik lagu penyanyi di TV atau online. Perhatikan dan pelajari bagaimana orang mengontrol pernapasan, kontrol suara, volume vokal, dan melihat gaya penampilan mereka melalui mata, beberapa gerakan. Anda juga bisa mencoba berdiri di depan cermin sambil bernyanyi

Kepogram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *