Andalan Aqiqah Keluarga Indonesia, Aqiqah Nurul Hayat

Momen mempunyai anak sangatlah berharga untuk tiap orang tua. Pastinya mereka berharap bisa membagikan yang terbaik kepada anak- anaknya.

Kenapa aqiqah jadi perihal yang berarti buat dicoba kedua orang tua untuk anaknya?

Aqiqah dicoba oleh orang tua kepada anaknya ialah sesuatu ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT atas anugerah indah yang diberikan kepada umat manusia lewat perantara anak tersebut. Dengan terdapatnya aqiqah orang tua berharap serta mendoakan supaya anak yang sudah lahir ke dunia jadi anak yang salih serta salihah. Aqiqah pula jadi berarti selaku tebusan dari perangkap serta penjara iblis sehingga melindungi sang anak dari godaan iblis yang menghalanginya buat mendekatkan diri kepada Allah SWT, melaksanakan perintah- Nya, serta masuk ke surga- Nya.

Iblis bersumpah kepada Allah SWT buat senantiasa menganggu manusia dari lahir sampai ajal menjemput juga hendak terus berupaya sampai jadi bagian dari kaumnya buat menemani di neraka. Oleh sebab itu anak yang baru dilahirkan masih jadi gadaian untuk sang setan ini sehingga aqiqah jadi salah satu pemecahan supaya manusia tergadai hendak hendak perihal itu. Rasulullah SAW memerintahkan buat mengalirkan darah buat tebusan itu. Dalam aktivitas aqiqah tidak hanya memotong kambing/ domba ada kegiatan yang lain ialah mencukur rambut. Aktivitas mencukur rambut ini bermanfaat buat lambang melenyapkan kotoran serta melindungi kesucian badaniah sang anak.

Di sebagian wilayah ada momen tradisi aqiqah untuk putra/ i mereka. Contohnya di Makassar mempersiapkan sebagian bahan saat sebelum penerapannya ialah: santapan semacam kanre patangrupa( nasi 4 berbagai) berbentuk songkolo kebo, kanre kebo serta tumpi- tumpi, serta pisang. Setelah itu disiapkan pula paddupang( dupa), mingnya’ bau, beras, parafin, emas, air minum satu gelas, duit, kapak, perlengkapan tenun, kelapa, gula merah, paktompolo berbentuk daun- daun tertentu, ialah daun sirih, pangkal, serta daun kayu paling tinggi di kampung balita dilahirkan.

Di Jawa Tengah tradisi menyongsong anak yang baru lahir ialah awal mengubur ari- ari balita di dalam tanah dengan dibungkus kain serta dimasukkan ke dalam kendi kecil serta ditutup, dan diberi lampu sepanjang 35 hari serta pagar bambu yang mengelilingi zona ari- ari itu dikubur. Setelah itu tradisi aqiqah dengan penggundulan rambut balita, pemberian nama, slametan dengan mengadakan kenduren/ hidangan santapan untuk orang sebelah serta tamu undangan, ritual mandi kembang buat sang balita, serta sunat buat balita wanita.

Ada pula ketentuan serta syarat aqiqah yaituyaitu penerapan aqiqah lebih baik dikala 7 hari sehabis kelahiran anak. Perihal ini tercantum dalam hadis Rasulullah SAW

عَنْسَمُرَةَبْنِجُنْدُبٍاَنَّرَسُوْلَاللَّهِصَلَّىالَلَّهُعَلَيْهِوَسَلَّمَقَالَ:كُلُّغُلَامٍرَهِيْنَةٌبِعَقِيْقَتِهِتُذْبَحُعَنْهُيَوْمَسَابِعِهِوَيُحْلَقَوَيُسَمَّ

yang maksudnya“ Dari Samurah radiyallahu‘ anhu bahwasanya Rasulullah SAW, bersabda: masing- masing anak tergadaikan akikahnya. Disembelihkan menurutnya pada hari ketujuh dari kelahirannya, balita dicukur serta diberi nama. Riwayat Ahmad serta 4 Imam( HR. Tarmidzi)

عَنْعَمْرِوبْنِشُعَيْبِعَنْاَبِيْهِعَنْجَدّهِقَالَ،قَالَرَسُوْلُاللَّهِصَلَّىاللَّهُعَلَيْهِوَسَلَّمَمَناَحَبَّمِنْكُمْاَنْيَنْسُكَعَنْوَلَدِه

فَلْيَفْعَلْعَنِاْلغُلاَمِشَاتَانِمُكَافِئَتَانِوَعَنِاْلجَارِيَةِشَاةٌ

Yang maksudnya“ Dari‘ Amr bin Syuain dari bapaknya, dari kakeknya, Rasulullah SAW bersabda: Barangsiapa diantara kamu yang mau menyembelih( kambing) sebab kelahiran balita hingga hendaklah dia jalani buat pria 2 kambing yang sama serta buat wanita satu kambing.”( Sanad Hasan HR. Abu Dawud)

Anak jadi anugerah terindah dari Allah kepada para orang tua. Tetapi, tidak seluruh orang tua beruntung secara finansial. Paling utama kewajiban orang tua buat mengaqiqahkan anaknya. Hendaknya aqiqah dalam Islam dicoba kepada anak yang berumur 7 hari sehabis kelahirannya. Apa energi orang tua yang baru dapat mengaqiqahkan anaknya di hari setelahnya apalagi kala anaknya berusia baru diaqiqahkan.

Hukumnya Sunnah untuk orang yang belum diaqiqahkan buat mengaqiqahkan dirinya sendiri sehabis berusia, dengan landasan suatu hadis yang berbunyi“ Bahwasannya Nabi Muhammad SAW mengaqiqahkan diri dia sendiri sehabis kenabian.” Hadist ini sendiri masih jadi perdebatan hendak kesahihannya. Al- Hafizh al- Iraqi mengatakan kalau imam Syafi’ i memandang kalau dia boleh memilah antara mengaqiqahkan dirinya sendiri ataupun tidak. Sebaliknya bagi Imam Ahmad aqiqah disyariatkan atas orang tua, sehingga tidak butuh dilaksanakan oleh anak sehabis ia menggapai umur baligh.

Tetapi di sebagian wilayah ada menyembelih kambing/ domba sehabis meninggalnya orang tua serta yang menyembelih kambing/ domba itu kerabat maupun keluarga besar dari orang tua buat diniatkan aqiqah untuk orang tua yang telah wafat.

Bagi Imam Malik,“ Rasulullah SAW, mengaqiqahi Hasan serta Husain pada hari ketujuh kelahiran mereka, berikan nama serta memerintahkan supaya kotoran di kepala mereka dihilangkan( rambutnya dicukur).” Dari hadits tersebut Imam Malik berkomentar kalau telah melalui waktunya bila telah melalui dari hari ketujuh itu.

Sebaliknya bagi Imam Abu Hanifah aqiqah hukumnya mubah serta tidak hingga mustahab( disarankan). Perihal tersebut disebabkan pensyariatan qurban sudah menghapus segala syariat lebih dahulu yang berbentuk penumpahan darah hewan semacam aqiqah, rajabiyah serta atirah.

Buat mengaqiqahkan anak terdapat lembaga aqiqah yang dipastikan masakannya lezat serta biayanya bisa dijangkau seluruh golongan. Sebab terdapat alterasi biayanya mulai dari 1, 7 juta– 8 juta. Banyak pula cabangnya di 60 kota paling utama domisili Kamu sekaligus. Nama lembaga aqiqah tersebut ialah Aqiqah Nurul Hayat. Aqiqah Nurul Hayat jadi andalan Aqiqah Keluarga Indonesia. Mengapa jadi andalan Aqiqah Keluarga Indonesia? Sebab Aqiqah Nurul Hayat berpengalaman serta sudah dipercaya puluhan ribu pelanggan. Menolong ibadah Aqiqah ummat lebih dari 3000 kambing tiap bulannya. Serta terdistribusi sampai 60 kota di segala Indonesia. Tidak hanya itu, opsi hewan, proses penyembelihan serta masak dipastikan penuhi ketentuan sahnya Aqiqah serta tersertifikasi HALAL serta Majelis Ulama Indonesia MUI. Aqiqah Kamu Insya Allah terus menjadi berkah sebab seluruh keuntungan penjualan digunakan buat menunjang program dakwah serta sosial Nurul Hayat. Cuma disini Kamu beraqiqah sekalian bernilai sedekah.

Apabila Kamu aqiqah di Aqiqah Nurul Hayat hingga hendak memperoleh risalah aqiqah serta kartu perkataan dengan lebih kekinian ialah dengan metode scan barcode serta Kamu memperoleh boneka QIQO secara free tiap pemesanan paket aqiqah apapun tanpa ketentuan. Masya Allah sekali kan sarana serta benefit yang diberikan Aqiqah Nurul Hayat.

sumber referensi ; aqiqah keluarga indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *