Sejarah Uang

Sejarah Uang – Sejarah manusia yang menggunakan mata uang tunai sudah ada sejak lama – 40.000 tahun. Para ilmuwan telah melacak pertukaran dan perdagangan melalui catatan arkeologi, dimulai pada Paleolitikum Atas ketika sekelompok pemburu berdagang untuk senjata batu terbaik dan peralatan lainnya. Pertama, orang melakukan barter, membuat kesepakatan langsung antara dua pihak dari objek yang diinginkan.

Uang datang sedikit kemudian. Bentuknya telah berevolusi selama ribuan tahun – dari benda alami hingga koin, kertas, hingga versi digital. Tapi apapun formatnya, manusia telah lama menggunakan mata uang sebagai alat tukar, metode pembayaran, standar nilai, penyimpan kekayaan dan unit akun.

Sebagai seorang antropolog yang menemukan mata uang kuno di lapangan, saya tertarik pada bagaimana uang berevolusi dalam peradaban manusia – dan apa yang dapat diceritakan oleh temuan arkeologis ini kepada kita tentang perdagangan dan interaksi antara kelompok-kelompok yang berjauhan.

Mengapa orang membutuhkan mata uang?

Ada banyak teori tentang asal usul uang, sebagian karena uang memiliki banyak fungsi: Ia memfasilitasi pertukaran sebagai ukuran nilai; itu menyatukan masyarakat yang beragam dengan memungkinkan pemberian hadiah dan timbal balik; itu melanggengkan hierarki sosial; dan akhirnya, itu adalah media kekuasaan negara. Sulit untuk secara akurat menentukan tanggal interaksi yang melibatkan berbagai jenis mata uang, tetapi bukti menunjukkan bahwa mereka muncul dari pertukaran hadiah dan pembayaran utang.

Sejarah Uang

Uang cangkang Cina dari 3.000 tahun yang lalu. 

Objek-objek yang jarang terjadi di alam dan yang sirkulasinya dapat dikontrol secara efisien muncul sebagai unit nilai untuk interaksi dan pertukaran. Ini termasuk kerang seperti mutiara yang banyak beredar di Amerika dan kerang cowry yang digunakan di Afrika, Eropa, Asia dan Australia. Tembaga asli, meteorit atau besi asli, obsidian, amber, manik-manik, tembaga, emas, perak, dan ingot timah telah banyak digunakan sebagai mata uang. Orang-orang bahkan menggunakan hewan hidup seperti sapi sampai waktu yang relatif baru sebagai bentuk mata uang.

Shekel Mesopotamia – bentuk mata uang pertama yang diketahui – muncul hampir 5.000 tahun yang lalu. Permen mint paling awal diketahui berasal dari 650 dan 600 SM. di Asia Kecil, di mana para elit Lydia dan Ionia menggunakan koin perak dan emas yang dicap untuk membayar tentara.

Penemuan gerombolan koin timah, tembaga, perak dan emas di seluruh dunia menunjukkan bahwa mata uang – terutama di Eropa, Asia dan Afrika Utara – diakui sebagai media uang komoditas pada awal milenium pertama Masehi Peredaran luas koin Romawi, Islam, India, dan Cina menunjukkan perdagangan pramodern (1250 SM – 1450 M).

Koin sebagai uang komoditas berutang kesuksesannya sebagian besar pada portabilitas, daya tahan, kemudahan pengangkutan, dan nilai bawaannya. Selain itu, para pemimpin politik dapat mengontrol produksi koin – mulai dari penambangan, peleburan, pencetakan – serta peredaran dan penggunaannya. Bentuk kekayaan dan uang lainnya, seperti sapi, berhasil melayani masyarakat pastoral, tetapi tidak mudah untuk diangkut – dan tentu saja rentan terhadap bencana ekologis.

Uang segera menjadi instrumen kontrol politik. Pajak dapat dicabut untuk mendukung elit dan tentara dapat dinaikkan. Namun, uang juga dapat bertindak sebagai kekuatan penstabil yang mendorong pertukaran barang, informasi, dan jasa tanpa kekerasan di dalam dan di antara kelompok-kelompok.

Penghitungan bahasa Inggris abad pertengahan mencatat transaksi dan utang moneter. Museum Dewan Kota Winchester, CC BY-SA
Sepanjang sejarah uang telah bertindak sebagai catatan, memori transaksi dan interaksi. Misalnya, orang Eropa abad pertengahan banyak menggunakan tongkat penghitung sebagai bukti untuk mengingat utang.

sejarah uang
Chinese Coin

Ikuti uang untuk melihat rute perdagangan

Di masa lalu, seperti saat ini, tidak ada masyarakat yang sepenuhnya mandiri, dan uang memungkinkan orang untuk berinteraksi dengan kelompok lain. Orang-orang menggunakan berbagai bentuk mata uang untuk memobilisasi sumber daya, mengurangi risiko dan menciptakan aliansi dan persahabatan dalam menanggapi kondisi sosial dan politik tertentu. Kelimpahan dan bukti hampir universal pergerakan barang-barang eksotis di berbagai wilayah yang dihuni oleh orang-orang yang tidak bergantung satu sama lain – dari pemburu-pengumpul hingga penggembala, hingga petani dan penduduk kota – menunjukkan pentingnya mata uang sebagai prinsip pemersatu. Ini seperti bahasa umum yang bisa digunakan semua orang.

Misalnya, orang Amerika yang hidup pada Periode Formatif Awal yang berasal dari tahun 1450 hingga 500 SM. menggunakan obsidian, kulit kerang mutiara, bijih besi, dan dua jenis tembikar sebagai mata uang untuk berdagang melintasi Amerika dalam salah satu contoh awal perdagangan global yang sukses. Perdagangan Jalur Sutra Maritim, yang terjadi antara 700 hingga 1450 M, menghubungkan orang Eropa, Asia, dan Afrika dalam perdagangan global yang bersifat transformasional dan mendasar.

kepogram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *