Sport  

Grandmaster Catur Berusia 100 tahun

grandmaster catur tertua

Kepogram.com – Yuri Averbakh menjadi Grandmaster catur tertua yang hidup sampai usia 100 tahun, setelah ulang tahunnya pada 8 Februari 2022 ini

Desa catur dunia secara bersamaan mengucapkan selamat ulang tahun ke-100 Averbakh pada 8 Februari. Dia adalah Grandmaster terlama dalam sejarah, melampaui Andor Lilienthal – yang meninggal pada 2010 tiga hari setelah ulang tahunnya yang ke 99. Saat ini, Averbakh masih sehat dalam pikiran dan kekuatan, meskipun tertular Covid-19 pada Juni 2021. .

“Federasi Catur Rusia telah menawarkan untuk mensponsori saya selama satu bulan di pusat resusitasi, setelah saya meninggalkan rumah sakit,” katanya kepada Chess.com pada 8 Februari.

“Saya baik-baik saja saat ini. Sayangnya, dalam beberapa tahun terakhir, penglihatan dan pendengaran saya sangat memburuk sehingga saya tidak dapat lagi bekerja dengan komputer. Kadang-kadang saya bertemu dengan rekan kerja untuk berbagi ide baru. Kadang-kadang saya juga mempelajari permainan akhir. Saya tahu itu di era komputer saat ini, penelitian saya tidak memiliki nilai praktis. Tetapi pekerjaan ini membuat pikiran saya tetap tajam.”

Averbakh lahir pada 8 Februari 1922 di kota Kaluga, 180km barat daya Moskow. Elo-nya saat ini adalah 2.445, meskipun dia tidak memainkan game Elo selama beberapa dekade.

Dia dipromosikan menjadi Grandmaster pada tahun 1952, dengan karir tertinggi Elo 2.550. Dia memasuki Tantangan (Calon) pada tahun 1953, dan memenangkan Uni Soviet pada tahun 1954. Averbakh juga mewakili Rusia berkali-kali di Olimpiade Catur, bersama Mark Taimanov, Viktor Korchnoi atau Tigran Petrosian.

Puncak dari dramanya adalah endgame, dan ini juga menjadi topik utama baginya untuk menulis banyak buku nanti. Setelah pensiun pada usia 40 tahun, ia berkonsentrasi menulis surat kabar dan melatih pemain catur.

Averbakh juga menjabat sebagai presiden Federasi Catur Rusia dari 1973-1978. Ia juga menjabat sebagai Wasit dari tiga final catur dunia:

  • Anatoly Karpov VS Garry Kasparov pada tahun 1984,
  • Kasparov VS Nigel Short 1993 dan
  • Kasparov VS Vladimir Kramnik 2000.

 

grandmaster catur tertua
Sebuah langkah terbaik oleh Averbakh (Putih) dalam permainan catur di tahun 1947.

Demikianlah artikel tentang grandmaster catur tertua di dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *